Rabu, 28 September 2011

Candi Sumbernanas


Candi Sumbernanas

Berada di Dusun Rejoso, Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok. Candi Sumbernanas ditemukan pertama kali pada tahun 1919 ketika tanah di sekitar candi longsor akibar letusan Gunung Kelud. Keadaan bangunannya telah runtuh, hanya tinggal bagian yang masih tersisa seperti yang terlihat saat ini. Nampak bahwa dulu pintu masuknya ada di sebelah barat.

Candi Sumbernanas terdiri atas candi induk (candi yang ukurannya paling besar) dan candi perwaka (candi yang ukurannya lebih kecil dan biasanya terletak di depan candi induk). Susunan bangunan Candi Sumbernanas gaya bangunannya tipe bangunan candi di Jawa Tengah yang bentuknya tambun. Mengenai kapan dan oleh siapa Candi Sumbernanas dibuat belum dapat dipastikan karena belum ada sama sekali keterangan yang berupa angka tahun atau prasasti yang menyebutkannya. Namun dari gaya bangunannya yang mirip candi-candi di Jawa Tengah, para ahli menduga bahwa Candi Sumbernanas termasuk candi tertua di Jawa Timur, kira-kira berasal dari abad 11. (sumber: pos penjagaan Candi Sumbernanas)

Lokasi candi yang tinggal reruntuhannya ini tak jauh dari Kantor Desa Candirejo. Jika ingin berkunjung dari kantor desa jalan lurus ke selatan sekitar 2 km, ada papan nama sederhana tertulis Candi Sumbernanas ke arah barat sekitar 300 meter baru belok ke utara, langsung menemukan gapura pintu masuk candi. Bangunan candi berada di tengah ladang yang tidak terlalu banyak pemukiman warga di sekitarnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar