Sabtu, 06 Agustus 2016

Riau Ega: Dari Sepak Bola, Renang, Panahan, Hingga Olimpiade


Kiprah Riau Ega Agatha Salsabila belakangan ini kian mengilap. Beragam prestasi sukses ditorehkan pemuda berusia 24 tahun asal Blitar Jawa Timur ini di pentas panahan dunia. Teranyar, dia mampu merebut tiket ke Olimpiade 206 di Rio De Janeiro, Brasil, bersama pasangannya di SEA Games 2015, Ika Yuliana Rochmawati.

Pada awalnya, tak banyak yang menyangka karier Ega di cabang olahraga panahan akan membawanya ke pentas dunia. Pasalnya, semasa kecil, Ega justru lebih suka bermain sepak bola atau berlatih renang. Panahan baru dikenalnya saat sudah menginjak usia 10 tahun, ketika dia duduk di kelas IV sekolah dasar.

Bahkan, proses perkenalan Ega dengan dunia panahan pun berawal dari ketidaksengajaan. Hasrat Ega ketika itu lebih besar untuk menggeluti sepak bola dan renang. Namun, jalan takdir membawanya ke arah yang berbeda. Akibat sulit bersaing di sepak bola, dan tak pernah diberi kesempatan ikut perlombaan renang, sang ibunda mendorong Ega mengubah arah hidupnya.

Mendapat tawaran dari temannya, sang ibunda lantas menyarankan Ega untuk ikut berlatih panahan. Alasan sang ibu, olahraga tersebut baik sekali untuk melatih konsentrasi. Karena prestasinya bagus, pelatih Ega di Blitar merekomendasikannya kepada Denny Trisyanto, pelatih yang sedang giat membina panahan Surabaya dan Jatim. Maka, sejak kelas 1 SMP, Ega hijrah ke Kota Pahlawan demi memperdalam ilmu memanah.

Langkah Ega menjadi atlet panahan nasional pun dimulai dari sana. Dia merintis karier dari skala terkecil, hingga berkembang ke pentas nasional dan dunia. Tangan dingin Denny terbukti mampu mengantarkan dia menjadi atlet berprestasi. Hingga beberapa tahun berselang, saat menginjak usia 24 tahun, Ega berkesempatan mencicipi pentas Olimpiade pertama dalam kariernya. Kesempatan mengharumkan nama Indonesia di pentas akbar pun berada di depan mata.

Beberapa bulan terakhir, Ega tengah fokus mepersiapkan diri menyambut gelaran Olimpiade 2016. MSports pun berkesempatan menemui Ega di sela sesi latihan rutinnya bersama pelatnas tim recurve putra dan putri Indonesia di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta. Meski prestasinya sudah mendunia, Ega masih tetap bersikap ramah menyambut kedatangan MSports.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar